Monday, November 30, 2009

Cara Membuat Twitter

Cara Membuat Twitter - Bagi teman-teman yang masih pemula di dunia maya
dan ingin mencoba membuat account di twitter silahkan menyimak ulasan berikut ini. Twitter adalah salah satu situs mikro blogging yang paling terkenal saat ini, maka pada artikel ini akan kita bahas cara membuat twitter atau tepatnya cara membuat account di twitter secara gratis.

Twitter = Papan Pengumuman

Seperti halnya situs jejaring sosial misalnya facebook, maka hal yang penting dimiliki saat membuat account twitter adalah anda harus memiliki email terlebih dahulu, dan apabila anda belum memilikinya maka silahkan mendaftar dulu di situs penyedia layanan email gratisan seperti halnya di www.gmail.com atau di www.yahoo.com

Setelah teman-teman memiliki email, maka langkah untuk membuat account twitter pun sudah dapat dilakukan, yaitu pertama dengan mengunjungi situs twitter di alamat www.twitter.com

Adapun langkah-langkah untuk melakukan registrasi di situs twitter adalah sebagai berikut:

1. Sign up : Klik Tanda Sign up now pada halaman utama situs twitter, dan seketika anda akan dibawa ke halaman form pengisian data-data anda (untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar)



2. Proses : Pada halaman Form (lihat gambar)

* Isikan nama lengkap anda pada bagian Full Name
* Isikan username anda pada bagian username, misalnya "cantik_2009" dan username yang anda pilih nantinya akan selalu diminta ketika anda ingin login di twitter di kemudian hari.
* Isikan password anda dibagian kolom password.
* Isikan email anda pada bagian pengisian alamat email
* Ketikkan tanpa verifikasi yang sudah disediakan secara acak oleh sistem twitter pada bagian "Type the words above"
* Create My Account



3. Verifikasi : Setelah anda melakukan langkah demi langkah diatas, maka hal terakhir yang harus anda lakukan agar pembuatan twitter anda sudah lengkap adalah dengan membuka email anda, karena twitter akan mengirimkan sebuah email verifikasi kepada anda ke email yang sebelumnya anda gunakan untuk registrasi twitter.

4. Fitur Twitter

Following : orang yang kita jadikan teman

Follower : orang yang menjadikan kita sebagai temannya

Kita mem-follow orang belum tentu kita di-follow orang itu dan sebaliknya orang mem-follow kita, kita tidak harus balik mem-follow orang itu. yang bisa baca status kita adalah orang yang jadi followers kita. Sementara orang yang kita follow mereka tidak akan tahu-menahu tentang status kita.
Contoh : anda punya follower lima orang dan saat anda mem-posting status hanya lima orang itulah yang bisa membaca status anda. Begitu juga saat anda memfollow dua ratus orang, mereka tidak akan bisa baca status anda. Kalau status mereka bisa kita baca karena kita jadi pengikutnya.

Menanggapi status orang yang kita follow

Di halaman home anda dapat melihat orang yang mem-posting status dan anda bisa menanggapinya dengan menulis @namaorangnya pada status anda.
Contoh : seseorang mem-posting status seperti dibawah ini misalnya ;

bang_didit lagi bikin tutorial tentang twitter

Jika anda merasa perlu memberi tanggapan buat bang_didit maka anda bisa langsung klik reply di tweetnya bang_didit. Tanggapan anda akan muncul di home anda dan akan muncul di halaman replies bang_didit

retweet/RT : mengulang status orang yang anda follow.

Direct Message/DM : mengirim pesan langsung pada teman kita tanpa ada jejak di status kita. Untuk bisa menggunakan fitur DM anda dan orang yang dituju harus saling memfollow satu sama lain.

5. Tweet Spam : Hati-hati karena ini adalah link-link yang menjanjikan penambahan follower anda. Misalnya ada yang menjanjikan follower hingga 200 orang perhari dsb. Jangan dipercaya dan jangan coba-coba klik link itu apalagi sampai memasukkan id dan password anda. Follower bisa saja bertambah secara nyata tapi awas! Twitter anda bisa saja mem-posting status sendiri dan sering mengganggu. Dan yang lebih mengesalkan sudah beberapa hari follower malah tidak bertambah satupun kecuali yang mengenal id anda. Harus diingat untuk menghentikan tweet spam itu susah. Biarpun anda sudah minta stop untuk autotweet.

6. Cara menggabungkan twitter ke facebook : Update status di ditwitter langsung muncul di wall facebook anda : klik

7. Cara mengakses twitter dengan HP - akses langsung dari Hp : Snaptu

8. Cara mengakses twitter dengan Blackberry - akses langsung dari Blackberry :

- Twitter for Blackberry
- ƜberTwitter



Cara Membuat Blog

Apakah Blog itu?



a. Apakah Blog itu ?

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

b. Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

c. Jenis- jenis Blog

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
d. Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus.

e. Budaya Populer

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.[rujukan?] karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

f. Resiko Kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Sumber

b. Cara membuat Blog melalui Blogger / Blogspot

1. Buatlah sebuah account di google.com atau jika anda sudah memiliki account email dari google (@gmail.com) anda tinggal klik link ini dan masukan username serta password dari gmail anda serta lanjutkan membaca ke nomor 7. Jika anda belum membuat account dari google silahkan membaca nomor selanjutnya

2. Cara membuat account google melalui blogger/blogspot. Silahkan klik

3. Cari Tulisan : BUAT BLOG / CREATE A BLOG. Kemudian akan tampil halaman baru dengan bentuk formulir seperti pada gambar dibawah ini :





4. Isikan sesuai dengan data yang anda miliki dan ikuti seluruh petunjuk yang terkandung di dalamnya.

5. Periksa semua data yang telah anda masukan tadi dan jika sudah selesai klik tanda panah besar yang bertuliskan LANJUTKAN.

6. Proses pendaftaran account google berhasil. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah.

7. Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA



8. Akan muncul halaman baru seperti pada gambar dibawah ini lalu klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN



9. Beri nama blog anda dan alamat url untuk blog anda. Tips : gunakan nama yang simple dan mudah diingat untuk memudahkan orang lain mencari blog anda di internet

10. Setelah selesai klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.

11. Pada halaman ini anda dapat meng-customise-kan blog sesuai dengan selera seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini :



12. Klik tanda panah besar yang bertuliskan LANJUTKAN jika anda sudah selesai.

13. Selamat, sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog. Masih ada yang harus anda lakukan, yaitu : posting, pengaturan, dan tata letak. Silahkan gunakan kreatifitas dan imajinasi anda.

Sumber



Cara Membuat Twitter
 

Buat Yang Doyan Nonton !

Cari Lirik Lagu Kamu Disini !

Fuze Mobility

Blog's Update

Bro Sawer is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com